Guru ASN di MI Ya BAKII Kuripan Kidul dan Agency Center HNI HPAI yang menyediakan semua produk HNI HPAI, baik untuk kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, sabun cuci, softener, kopi teh, madu dll, maupun untuk kesehatan keluarga mulai dari minyak herba sinergi, habbatussauda dll, untuk bidang pertanian juga ada produk Skin care
Kamis, 14 Januari 2010
CONTOH RPP TEMATIK
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
TEMA : Wisata laut
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 1 kali pertemuan (5 JP/hari)
I. KOMPETENSI DASAR
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan (PKn).
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
Mengidentifikasi nama-nama makhluk hidup (IPA).
II. INDIKATOR
Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar (PKn)
Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
Menggunakan kosa kata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam (IPA).
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
Bekerjasama dengan teman.
Memberi tanggapan secara santun.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa memulai pembelajaran dan do'a mau bepergian
Selama perjalanan ke laut,siswa diajak menyanyikan lagu “Pada hari minggu” dengan sedikit gubahan,sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Wisata Laut). Juga pemberitahuan tentang hal-hal yg harus diperhatikan selama berada dilaut (aturan main),misalnya adab bertemu dg orang asing/dewasa,mengucapkan salam dan permisi,menanyakan sesuatu dg sopan,mengambil sampah yg dijumpai dan memasukan kedalam kresek hitam yg telah disediakan oleh guru,tidak boleh pergi sendiri-sendiri(harus selalu bersama dg kelompoknya),berpamitan jika ingin memisahkan diri dr kelompok(ke WC dll),
2. Kegiatan Inti
1) Sampai di lokasi, Siswa dikelompokkan secara acak dengan teknik menyebut nomor 1, 2, 3, 4. siswa yang menyebut nomor 1 semuanya berkumpul menjadi satu kelompok, nomor 2 juga satu kelompok demikian pula yang nomor 3 dan nomor 4. Sehingga ada empat kelompok besar dengan nama kelompok cumi-cumi,kelompok ikan tengiri,kelompok kerang dan kelompok rumput laut.
2) Kelompok 1&2 memulai dr ujung timur THR Teluk penyu,Kelompok 3&4 memulai dr ujung barat,mereka ditugaskan untuk mencatat macam-macam benda (hewan dan tumbuhan khas) yang ada disekitar laut, semua siswa mencatat dan melaporkan hasil diskusinya kepada guru. Sembari mengambil sampah dan beramah tamah dg orang yg dijumpai (dg tujuan untuk menanyakan hal yg belum diketahui untuk mengisi lembar kegiatan dr guru)
3) Selesai dan berkumpul ditengah (lokasi yg dipilih guru untuk berkumpul adalah warung lesehan "sederhana"),sambil istirahat semua siswa mengumpulkan lembar kegiatan dan kresek yg berisi sampah.
4) Bertanya jawab seputar perjalanan menyisir pantai yang baru dilakukan,untuk mengetahui sikap kepedulian anak terhadap kelestarian lingkungan sekitar, pentingnya memelihara lingkungan dan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan. Juga mengulas tentang nama benda dan makhluk hidup yang dijumpai.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaranhari ini dan do'a untuk memulai perjalanan untuk pulang
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang benda dan makhluk hidup disekitar laut.
Lembar kegiatan
Kurikulum mata pelajaran (PKn, IPA).
V. PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas 2
TEMA : Wisata laut
KELAS /SEMESTER : 1 (satu)/ 2 (dua)
WAKTU : 1 kali pertemuan (5 JP/hari)
I. KOMPETENSI DASAR
Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan (PKn).
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
Mengidentifikasi nama-nama makhluk hidup (IPA).
II. INDIKATOR
Menjelaskan sikap kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar (PKn)
Menceritakan pentingnya memelihara lingkungan.
Menceritakan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan.
Menggunakan kosa kata sains untuk menjelaskan nama benda, makhluk hidup dan fenomena alam (IPA).
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
Bekerjasama dengan teman.
Memberi tanggapan secara santun.
III. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdoa memulai pembelajaran dan do'a mau bepergian
Selama perjalanan ke laut,siswa diajak menyanyikan lagu “Pada hari minggu” dengan sedikit gubahan,sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan syair lagu
Menginformasikan tema yang akan dipelajari bersama (Wisata Laut). Juga pemberitahuan tentang hal-hal yg harus diperhatikan selama berada dilaut (aturan main),misalnya adab bertemu dg orang asing/dewasa,mengucapkan salam dan permisi,menanyakan sesuatu dg sopan,mengambil sampah yg dijumpai dan memasukan kedalam kresek hitam yg telah disediakan oleh guru,tidak boleh pergi sendiri-sendiri(harus selalu bersama dg kelompoknya),berpamitan jika ingin memisahkan diri dr kelompok(ke WC dll),
2. Kegiatan Inti
1) Sampai di lokasi, Siswa dikelompokkan secara acak dengan teknik menyebut nomor 1, 2, 3, 4. siswa yang menyebut nomor 1 semuanya berkumpul menjadi satu kelompok, nomor 2 juga satu kelompok demikian pula yang nomor 3 dan nomor 4. Sehingga ada empat kelompok besar dengan nama kelompok cumi-cumi,kelompok ikan tengiri,kelompok kerang dan kelompok rumput laut.
2) Kelompok 1&2 memulai dr ujung timur THR Teluk penyu,Kelompok 3&4 memulai dr ujung barat,mereka ditugaskan untuk mencatat macam-macam benda (hewan dan tumbuhan khas) yang ada disekitar laut, semua siswa mencatat dan melaporkan hasil diskusinya kepada guru. Sembari mengambil sampah dan beramah tamah dg orang yg dijumpai (dg tujuan untuk menanyakan hal yg belum diketahui untuk mengisi lembar kegiatan dr guru)
3) Selesai dan berkumpul ditengah (lokasi yg dipilih guru untuk berkumpul adalah warung lesehan "sederhana"),sambil istirahat semua siswa mengumpulkan lembar kegiatan dan kresek yg berisi sampah.
4) Bertanya jawab seputar perjalanan menyisir pantai yang baru dilakukan,untuk mengetahui sikap kepedulian anak terhadap kelestarian lingkungan sekitar, pentingnya memelihara lingkungan dan akibat dan kerugian jika tidak memelihara lingkungan. Juga mengulas tentang nama benda dan makhluk hidup yang dijumpai.
3. Kegiatan Akhir/Penutup
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil klarifikasi.
Bertanya jawab untuk mengetahui penguasaan materi yang telah dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar).
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaranhari ini dan do'a untuk memulai perjalanan untuk pulang
IV. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Gambar-gambar tentang benda dan makhluk hidup disekitar laut.
Lembar kegiatan
Kurikulum mata pelajaran (PKn, IPA).
V. PENILAIAN
Penilaian Lisan (dalam proses)
Penilaian Tingkah laku (Pengamatan)
Penilaian Produk
Penilaian Portofolio
Penilaian Tertulis Obyektif
Penilaian Tertulis Subyektif
Penilaian Unjuk Kerja (dalam proses)
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas 2
Langganan:
Postingan (Atom)