PROGRAM SEMESTER
MI Ya BAKII KESUGIHAN III
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011
Kelas / Semester : III / I
Mata Pelajaran : B.Indonesia
No Kompetensi Dasar Materi
Pokok Alokasi Waktu Bulan
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari
1. 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan Melakukan sesuatu berdasar pen jelasan
Cerita anak 12 JP
6 JP
2. 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat Pengalaman mengesankan
Urutan membuat/ melakukan sesuatu
Memberi tanggapan dan saran 12 JP
12 JP
12 JP
3. 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca Membaca nyaring
Teks bacaan
Isi dongeng 12 JP
6 JP
6 JP
4. 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
Menyusun paragraph
Puisi anak 12 JP
12 JP
Kegiatan MOS
HUT Kemerdekaan RI
Efektif Fakultatif
UTS / UAS
LPP
Mengetahui
Kepala Madrasah
SOLIKHATI,S.Ag
NIP. 19710711200701 2024 Kesugihan Juli 2010
Guru Kelas III
Rr SYARIFAH HANI'AH,S.Pd.I
NIP.197909122005012002
PEMETAAN TEMA KELAS III SEMESTER I
MAPEL STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR TEMA
BUDI PEKERTI HIDUP HEMAT KEBIASAAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN KETERANGAN
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PKn 1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
1. 1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
Menyebutkan tanggal diperingatinya hari sumpah pemuda
Menjelaskan latar belakang terjadinya Sumpah Pemuda
Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
Menunjukkan hal-hal yang terbaik dengan sumpah pemuda misal lambang negara, bendera dll
Menyebutkan 5 suku bangsa Indonesia yang diketahui
Menyebutkan 5 pulau besar di Indonesia v
v
v
v
v
v Kewajiaban Bela Negara Menurut Agama, dan perbedaan sebagai raahmatran lil alamin
2. 1.2 Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Menyebutkan arti tulisan Bhinneka Tunggal ika
Menjelaskan tujuan diadakannya sumpah pemuda
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Menghormati perbedaan suku bangsa di sekolah dan Masyarakat
Menjelaskan manfaat dari sumpahpemuda v
v
v
v
v Menghubungkan Nilai Sumpah Pemuda dengan Nilai perjuangan dalam Islam.
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyrakat
2.1 Mengenal aturan- aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
Menyebutkan adanya aturan-aturan yang ada di masyarakat v
v
2.2 Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
Menyebutkan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat
Menyebutkan contoh-contoh yang terkait dengan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat, misalnya taat peraturan lalulintas sesuai dengan norma hukum
Menjelaskan sanksi jika seseorang tidak melaksanakan aturan atau norma di masyarakat. v
v
v Mampu bertata krama, akhlak mulia, dan budi pekerti luhur
2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
Membedakan antara RT, RW dan Kelurahan
Membiasakan hidup sesuai aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat
Menjelaskan keuntungan jika melaksanakan aturan-aturan atau norma di lingkungan masyarakat.
Menjelaskan akibat tidak dilaksanakan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat. v
v
v
v
Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu sesuai yang didengar.
Melakukan sesuatu sesuai petnunjuk yang didengar.
Menulis tata urutan melakukan sesuatu dengan bahasa yang runtut
Mendengarkan pembacaan pengumuman
Menyebutkan aspek-aspek dalam pengumuman
Menjelaskan pengumuman v
v
v
v
v
v
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan Menanggapi cerita pengalaman teman
Menceritakan pengalaman teman dengan kata-kata sendiri
Mendengarkan dongeng
Menanggapi dongeng
Menjawab pertanyaan
Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada pada dongeng
Menuliskan sifat-sifat atau watak tokoh-tokohnya
Menceritakan kembali isi dongeng v
v
v
v
v
v
v
v Di Integrasikan dengan Tokoh Islam yang dapat dijadikan sumber insfirasi tauladan bagi anak.
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Menceritakan pengalaman sendiri secara lisan.
Menulis cerita tentang pengalaman sendiri dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Menceritakan pengalaman teman secara lisan
Menuliskan pengalaman teman dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami v
v
v
v Dalam berbicara hendaknya menggunakan kata-kata yang sopan.
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami Menulis tata urutan membuat atau melakukan sesuatu
Menjelaskan urutan membuat sesuau secara lisan.
Menulis kembali penjelasan menggunakan sesuatu v
v
v
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap sesuatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata-kata yang tepat Menanggapi suatu masalah secara lisan dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
Menulis tanggapan dan saran dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
Bercerita peristiwa yang dialami secara lisan dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
Menuliskan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat v
v
v
v
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
Membaca nyaring sebuah dongeng dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menceritakan kembali bacaan (dongeng) secara singkat dengan penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat
Menyebutkan tokoh-tokoh dongeng
Menuliskan sifat dan karakter tokoh-tokohnya v
v
v
v
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
Membaca bacaan dengan memper-hatikan tanda baca
Menuliskan kosakata yang belum dipahami
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks.
Menanggapi / menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks.
Menyimpulkan isi teks dalam kalimat yang dibuat sendiri
Membaca dengan suara nyaring
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks.
Mencari kata yang bermakna sama
Mengenal kata bersuku dua dan tiga v
v
v
v
v
v
v
v
v
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca Membaca dongeng dengan intonasi dan lafal yang tepat
Menyimpulkan isi dongeng
Menjawab pertanyaan
Menceritakan dongeng dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat yang runtut v
v
v
v
v
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Membaca cerita acak
Menyusun kalimat menjadi paragraph
Menyusun paragraph menjadi cerita sederhana
Menuliskan paragraph dengan benar
Melengkapi paragraph dengan kata-kata yang tersedia
Menceritakan kembali karangan yang dibuat
Menulis judul karangan dengan huruf capital
Menggunakan tanda baca yang tepat untuk menulis karangan
Menceritakan gambar
Menyebutkan hal-hal yang terdapat pada gambar
Membuat kalimat berdasarkan gambar
Menyusun kalimat menjadi paragrap v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
v
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar Mendeskripsikan gambar.
Menulis kalimat berdasarkan gambar tersedia
Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
Menulis puisi anak berdasarkan gambar. v
v
v
v
Matematika
1.Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
Membilang secara urut
Mengurutkan dan membandingkan antar bilangan dengan symbol >,< dan =
Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan
Menaksirkan bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan
Menentukan sebuah bilangan yang terletak di antara dua bilangan v
v
v
v
v
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
Menuliskan bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
Menetukan nilai tempat suatu suatu angka dalam bilangan
Menuliskan penjum-lahan bersusun panjang
Menuliskan dua bilangan dengan bidang datar
Menjumlah bilangan dengan cara bersusun.
Mengurangi bilangan dengan cara bersusun panjang
Mengurangi bilangan dengan cara bersusun pendek
Menyelesaikan soAl cerita v
v
v
v
v
v
v
v
v
1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian atau sebaliknya
Menuliskan bentuk penjumlahan berulang menjadi perkalian
Membuat table perkalian 10 x10
Mengalikan bilangan yang hasilnya tiga angka v
v
v
v
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
Menggunakan sifat hitung (pertukaran dan pengelompokan untuk mempermu-dah perhitungan atau pembagian)
Membedakan bilangan ganjil dan genap habis atau tidaknya apabila dibagi dua.
Menghitung penjumlahan dan pengurangan dari 3 bilangan
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan perkalian v
v
v
v
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
Mengenal berbagai mata uang rupiah
Menghitung nilai sekelompok mata uang rupiah yang beragam nilainya
Menentukan kesetaraan nilai mata uang rupiah dengan berbagai satuan uang lainnya
Menaksir jumlah harga dari sekelompok pembelian barang
Menghitung uang kembalian dari suatu pembelian barang v
v
v
v
v
Geometri dan Pengukuran
2.Menggunakan pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur
Menaksir berat dan panjang benda ataupuin waktu suatu kegiatan dan memeriksa dengan alat ukurnya
Membaca tanda waktu jam, setengah jam, sampai seperempat jam pada jarum jam
Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital
Membaca tanda waktu sampai lima menit v
v
v
v
v Dalam penggunaan alat ukur ditanamkan nilai sebuah kejujuran
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
Membaca tanda waktu jam setengah jam sampai seperempat jam pada jarum jam
Membaca tanda waktu dalam bentuk angka digital (dua belas jam) misal pukul : 12.30
Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
Menentukan waktu setelah dan waktu yang belum diketauhi
Menentukan ½ jam sebelum dan ½ sesudah v
v
v
v
v
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat Menentukan hu-bungan antar satuan waktu, jam, hari, minggu, bulan dan tahun
Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama panjang dengan benda lain
Mengukur panjang benda
Mengukur panjang benda dengan satuan baku (missal cm, m)
Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
Menentukan benda yang lebih berat, lebih ringan atau atau sama berat dengan benda lain
Mengukur berat benda
Mengukur berat benda dengan satuan baku (missal Ons, kg)
Menaksir berat benda sesuai dengan ukuran yang dipahami
Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang, dan berat benda yang diukur
v
v
v
v v
v
v
v
v
v
IPA Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Mengidentitifikasi ciri-ciri makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan)
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya
Menjelaskan kebutuhan makhluk hidup (manusia , hewan dan tumbuh-an) untuk memper-tahankan hidup
Memperkirakan yang akan terjadi bila salah satu kebutuhan mahluk hidup tidak terpenuhi.
v
v v
v Mahluk Hidup dengan semua ciri –ciri dan kelebihannya merupakan mahluk Allah yang perlu di Pelihara.
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
Mengidentifikasi persamaan hewan & tumbuhan
Menggolongkan hewan & tumbuhan berdasarkan persa-maan ciri-cirinya v
v Mahluk Hidup dengan semua ciri –ciri dan kelebihannya merupakan mahluk Allah yang perlu di Pelihara.
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga) Mengidentifikasi perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan anak
Menjelaskan akibat makan yang berlebihan
Membedakan makan yang begiizi seimbang dan tidak v
v
v
v
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan Mengidentifikasi penyebab pencema-ran lingkungan
Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang sehat
Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat
Membandingkan kondisi lingkungan yang sehat dan tidak sehat v
v
v
v Mengaitkan Dengan perintah Allah Untuk menjaga lingkungan (Bumi) dari kerusakana dan pentingnya kebersihan lingkungan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan Mengidentifikasi penyebab terjadinya lingkungan yang kurang sehat
Menjelaskan pengaruh pencemaran terhadap kesehatan v
v
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
Melakukan kegiatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
Membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat berdasarkan pengamatan v
v
v
Benda dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas Membuat daftar sifat-sifat benda
Mengelompokkan benda-benda yang telah dikenalnya sebagai benda padat, cair dan gas
Membandingkan sifat-sifat benda
Membedakan sifat benda padat, cair dan gas v
v
v
v
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka Mendemonstrasikan adanya perubahn sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakaan pada udara terbuka
Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahan
. v
v
3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
Mempredeksikan apa yang akan terjadi bila benda yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya
Mencari informasi tentang alasan orang menggunakan suatu benda atau bahan tertentu dan melaporkan hasilnya.
Membuat daftar yang banyak digunakan untuk tujuan tertentu
Menggunakan benda-benda sesuai dengan tujuannya v
v
v
v
IPS Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama rumah dan sekolah 1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
Membandingkan lingkungan yang terawt dan tidak terawat
Menyebutkan akibat lingkungan yang terawat dan tidak terawatt
Menjelaskan tentang lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Menunjukkan dan menyebutkan tentang alam dan buatan
Menjelaskan tentang lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
Menunjukkan dan menyebutkan tentang alam dan buatan v
v
v
v
v
v Menjelaskan : Alam Merupakan Ciptaan Allah yg harus dijaga /pelihara.
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
Menjelaskan pentingnya memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
Menceritakan cara-cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
Menjelaskan akibat tidak memelihara Lingkungan alam dan buatan disekitar rumah v
v
v Menjaga kebersihan merupakan bagian dari ajaran dan penanaman Nilai Islam
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah Menyebutkan macam-macam peta denah
Membuat peta lokasi wisata dekat rumah sekolah
Menyebutkan arah mata angin
Menggunakan denah sekolah untuk mencari suatu obyek / tempat di lingkungan sekolah
Memberi contoh pemanfaatan denah dalam kehidupan sehari-hari
Membuat denah sekolah
v
v v
v
v
v
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa Menyebutkan contoh-contoh kerja sama dilingkungan rumah, sekolah, desa/kelurahan
Menyebutkan contoh manfaat kerja sama di lingkungan desa/-kelurahan
Menyebutkan man-faat kerja sama di lingkungan desa/-kelurahan v
v
v Kerja sama dan Musawarah nerupakan ajaran Islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar