Rabu, 09 Maret 2011

Contoh promes dan pemetaan tema

PROGRAM SEMESTER
MI Ya BAKII KESUGIHAN III
TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

Kelas / Semester : III / I
Mata Pelajaran : B.Indonesia

No Kompetensi Dasar Materi
Pokok Alokasi Waktu Bulan
Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Januari

1. 1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan Melakukan sesuatu berdasar pen jelasan
Cerita anak 12 JP


6 JP

2. 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat Pengalaman mengesankan


Urutan membuat/ melakukan sesuatu

Memberi tanggapan dan saran 12 JP




12 JP



12 JP

3. 3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca Membaca nyaring
Teks bacaan

Isi dongeng 12 JP


6 JP


6 JP

4. 4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
Menyusun paragraph

Puisi anak 12 JP


12 JP


Kegiatan MOS
HUT Kemerdekaan RI
Efektif Fakultatif
UTS / UAS
LPP
Mengetahui
Kepala Madrasah



SOLIKHATI,S.Ag
NIP. 19710711200701 2024 Kesugihan Juli 2010
Guru Kelas III



Rr SYARIFAH HANI'AH,S.Pd.I
NIP.197909122005012002









PEMETAAN TEMA KELAS III SEMESTER I

MAPEL STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR TEMA

BUDI PEKERTI HIDUP HEMAT KEBIASAAN LINGKUNGAN PENDIDIKAN KETERANGAN
1 2 3 4 5 6 7 8 9
PKn 1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
1. 1.1 Mengenal makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
 Menyebutkan tanggal diperingatinya hari sumpah pemuda
 Menjelaskan latar belakang terjadinya Sumpah Pemuda
 Menyebutkan isi Sumpah Pemuda
 Menunjukkan hal-hal yang terbaik dengan sumpah pemuda misal lambang negara, bendera dll
 Menyebutkan 5 suku bangsa Indonesia yang diketahui
 Menyebutkan 5 pulau besar di Indonesia v

v

v


v


v

v Kewajiaban Bela Negara Menurut Agama, dan perbedaan sebagai raahmatran lil alamin
2. 1.2 Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
 Menyebutkan arti tulisan Bhinneka Tunggal ika
 Menjelaskan tujuan diadakannya sumpah pemuda
 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
 Menghormati perbedaan suku bangsa di sekolah dan Masyarakat
 Menjelaskan manfaat dari sumpahpemuda v

v

v

v

v Menghubungkan Nilai Sumpah Pemuda dengan Nilai perjuangan dalam Islam.
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyrakat
2.1 Mengenal aturan- aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar  Mengidentifikasi aturan-aturan yang berlaku di masyarakat
 Menyebutkan adanya aturan-aturan yang ada di masyarakat v

v


2.2 Menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
 Menyebutkan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat
 Menyebutkan contoh-contoh yang terkait dengan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat, misalnya taat peraturan lalulintas sesuai dengan norma hukum
 Menjelaskan sanksi jika seseorang tidak melaksanakan aturan atau norma di masyarakat. v

v

v Mampu bertata krama, akhlak mulia, dan budi pekerti luhur
2.3 Melaksanakan aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
 Membedakan antara RT, RW dan Kelurahan
 Membiasakan hidup sesuai aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat
 Menjelaskan keuntungan jika melaksanakan aturan-aturan atau norma di lingkungan masyarakat.
 Menjelaskan akibat tidak dilaksanakan aturan-aturan atau norma yang berlaku di masyarakat. v

v


v


v

Bahasa Indonesia






















Mendengarkan
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
1.1 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
 Menjelaskan petunjuk melakukan sesuatu sesuai yang didengar.
 Melakukan sesuatu sesuai petnunjuk yang didengar.
 Menulis tata urutan melakukan sesuatu dengan bahasa yang runtut

 Mendengarkan pembacaan pengumuman
 Menyebutkan aspek-aspek dalam pengumuman
 Menjelaskan pengumuman v


v

v







v
v

v
1.2 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan  Menanggapi cerita pengalaman teman
 Menceritakan pengalaman teman dengan kata-kata sendiri
 Mendengarkan dongeng
 Menanggapi dongeng
 Menjawab pertanyaan
 Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada pada dongeng
 Menuliskan sifat-sifat atau watak tokoh-tokohnya
 Menceritakan kembali isi dongeng v

v






v
v
v







v

v

v Di Integrasikan dengan Tokoh Islam yang dapat dijadikan sumber insfirasi tauladan bagi anak.
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran 2.1 Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
 Menceritakan pengalaman sendiri secara lisan.
 Menulis cerita tentang pengalaman sendiri dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
 Menceritakan pengalaman teman secara lisan
 Menuliskan pengalaman teman dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami v

v






v

v Dalam berbicara hendaknya menggunakan kata-kata yang sopan.
2.2 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami  Menulis tata urutan membuat atau melakukan sesuatu
 Menjelaskan urutan membuat sesuau secara lisan.
 Menulis kembali penjelasan menggunakan sesuatu v

v

v
2.3 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap sesuatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata-kata yang tepat  Menanggapi suatu masalah secara lisan dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
 Menulis tanggapan dan saran dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
 Bercerita peristiwa yang dialami secara lisan dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
 Menuliskan pengalaman dengan menggunakan pilihan kata yang tepat v



v








v


v
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng
3.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat
 Membaca nyaring sebuah dongeng dengan lafal dan intonasi yang tepat
 Menceritakan kembali bacaan (dongeng) secara singkat dengan penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat
 Menyebutkan tokoh-tokoh dongeng
 Menuliskan sifat dan karakter tokoh-tokohnya v

v




v

v
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif
 Membaca bacaan dengan memper-hatikan tanda baca
 Menuliskan kosakata yang belum dipahami
 Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks.
 Menanggapi / menyatakan pendapat berkaitan dengan isi teks.
 Menyimpulkan isi teks dalam kalimat yang dibuat sendiri
 Membaca dengan suara nyaring
 Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks.
 Mencari kata yang bermakna sama
 Mengenal kata bersuku dua dan tiga v

v

v

v

v











v
v

v

v
3.3 Menceritakan isi dongeng yang dibaca  Membaca dongeng dengan intonasi dan lafal yang tepat
 Menyimpulkan isi dongeng
 Menjawab pertanyaan
 Menceritakan dongeng dengan lafal dan intonasi yang tepat
 Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat yang runtut v

v
v





v

v
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
 Membaca cerita acak
 Menyusun kalimat menjadi paragraph
 Menyusun paragraph menjadi cerita sederhana
 Menuliskan paragraph dengan benar
 Melengkapi paragraph dengan kata-kata yang tersedia
 Menceritakan kembali karangan yang dibuat
 Menulis judul karangan dengan huruf capital
 Menggunakan tanda baca yang tepat untuk menulis karangan
 Menceritakan gambar
 Menyebutkan hal-hal yang terdapat pada gambar
 Membuat kalimat berdasarkan gambar
 Menyusun kalimat menjadi paragrap v
v

v




v

v
v





















v

v

v













v
v

v





















4.2 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar  Mendeskripsikan gambar.
 Menulis kalimat berdasarkan gambar tersedia
 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar
 Menulis puisi anak berdasarkan gambar. v
v

v
v

Matematika
1.Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
 Membilang secara urut
 Mengurutkan dan membandingkan antar bilangan dengan symbol >,< dan =
 Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan
 Menaksirkan bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan
 Menentukan sebuah bilangan yang terletak di antara dua bilangan v
v




v


v


v
1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
 Menuliskan bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
 Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
 Menetukan nilai tempat suatu suatu angka dalam bilangan
 Menuliskan penjum-lahan bersusun panjang
 Menuliskan dua bilangan dengan bidang datar
 Menjumlah bilangan dengan cara bersusun.
 Mengurangi bilangan dengan cara bersusun panjang
 Mengurangi bilangan dengan cara bersusun pendek
 Menyelesaikan soAl cerita v


v

v





v

v

v

v

v
v


1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka  Mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk pembagian atau sebaliknya
 Menuliskan bentuk penjumlahan berulang menjadi perkalian
 Membuat table perkalian 10 x10
 Mengalikan bilangan yang hasilnya tiga angka v



v

v
v
1.4 Melakukan operasi hitung campuran
 Menggunakan sifat hitung (pertukaran dan pengelompokan untuk mempermu-dah perhitungan atau pembagian)
 Membedakan bilangan ganjil dan genap habis atau tidaknya apabila dibagi dua.
 Menghitung penjumlahan dan pengurangan dari 3 bilangan
 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan perkalian v



v


v

v
1.5 Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang
 Mengenal berbagai mata uang rupiah
 Menghitung nilai sekelompok mata uang rupiah yang beragam nilainya
 Menentukan kesetaraan nilai mata uang rupiah dengan berbagai satuan uang lainnya
 Menaksir jumlah harga dari sekelompok pembelian barang
 Menghitung uang kembalian dari suatu pembelian barang v

v


v


v

v
Geometri dan Pengukuran
2.Menggunakan pengu-kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
 Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur
 Menaksir berat dan panjang benda ataupuin waktu suatu kegiatan dan memeriksa dengan alat ukurnya
 Membaca tanda waktu jam, setengah jam, sampai seperempat jam pada jarum jam
 Membaca tanda waktu dalam bentuk angka atau digital
 Membaca tanda waktu sampai lima menit v


v







v



v

v Dalam penggunaan alat ukur ditanamkan nilai sebuah kejujuran
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
 Membaca tanda waktu jam setengah jam sampai seperempat jam pada jarum jam
 Membaca tanda waktu dalam bentuk angka digital (dua belas jam) misal pukul : 12.30
 Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
 Menentukan waktu setelah dan waktu yang belum diketauhi
 Menentukan ½ jam sebelum dan ½ sesudah v


v


v








v

v
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat  Menentukan hu-bungan antar satuan waktu, jam, hari, minggu, bulan dan tahun
 Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama panjang dengan benda lain
 Mengukur panjang benda
 Mengukur panjang benda dengan satuan baku (missal cm, m)
 Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
 Menentukan benda yang lebih berat, lebih ringan atau atau sama berat dengan benda lain
 Mengukur berat benda
 Mengukur berat benda dengan satuan baku (missal Ons, kg)
 Menaksir berat benda sesuai dengan ukuran yang dipahami
 Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang, dan berat benda yang diukur











v


v
v

v v

v


v
v

v

v










IPA Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
 Mengidentitifikasi ciri-ciri makhluk hidup (manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan)
 Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya
 Menjelaskan kebutuhan makhluk hidup (manusia , hewan dan tumbuh-an) untuk memper-tahankan hidup
 Memperkirakan yang akan terjadi bila salah satu kebutuhan mahluk hidup tidak terpenuhi.







v


v v


v Mahluk Hidup dengan semua ciri –ciri dan kelebihannya merupakan mahluk Allah yang perlu di Pelihara.
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
 Mengidentifikasi persamaan hewan & tumbuhan
 Menggolongkan hewan & tumbuhan berdasarkan persa-maan ciri-cirinya v


v Mahluk Hidup dengan semua ciri –ciri dan kelebihannya merupakan mahluk Allah yang perlu di Pelihara.
1.3 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)  Mengidentifikasi perubahan tubuh manusia melalui pengamatan gambar
 Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan anak
 Menjelaskan akibat makan yang berlebihan
 Membedakan makan yang begiizi seimbang dan tidak v


v







v

v
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan  Mengidentifikasi penyebab pencema-ran lingkungan
 Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang sehat
 Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat
 Membandingkan kondisi lingkungan yang sehat dan tidak sehat v


v

v

v Mengaitkan Dengan perintah Allah Untuk menjaga lingkungan (Bumi) dari kerusakana dan pentingnya kebersihan lingkungan
2.2 Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan  Mengidentifikasi penyebab terjadinya lingkungan yang kurang sehat
 Menjelaskan pengaruh pencemaran terhadap kesehatan v

v
2.3 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
 Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
 Melakukan kegiatan nyata untuk memelihara kesehatan lingkungan
 Membuat laporan tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat berdasarkan pengamatan v


v


v
Benda dan Sifatnya
3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas  Membuat daftar sifat-sifat benda
 Mengelompokkan benda-benda yang telah dikenalnya sebagai benda padat, cair dan gas
 Membandingkan sifat-sifat benda
 Membedakan sifat benda padat, cair dan gas v
v


v
v
3.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka  Mendemonstrasikan adanya perubahn sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakaan pada udara terbuka

 Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami perubahan
. v




v

3.3 Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan kertas
 Mempredeksikan apa yang akan terjadi bila benda yang digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya
 Mencari informasi tentang alasan orang menggunakan suatu benda atau bahan tertentu dan melaporkan hasilnya.
 Membuat daftar yang banyak digunakan untuk tujuan tertentu
 Menggunakan benda-benda sesuai dengan tujuannya v



v








v

v
IPS Memahami lingkungan dan melaksanakan kerja sama rumah dan sekolah 1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
 Membandingkan lingkungan yang terawt dan tidak terawat
 Menyebutkan akibat lingkungan yang terawat dan tidak terawatt
 Menjelaskan tentang lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
 Menunjukkan dan menyebutkan tentang alam dan buatan
 Menjelaskan tentang lingkungan alam dan buatan disekitar rumah dan sekolah
 Menunjukkan dan menyebutkan tentang alam dan buatan v

v





v

v

v


v Menjelaskan : Alam Merupakan Ciptaan Allah yg harus dijaga /pelihara.
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
 Menjelaskan pentingnya memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
 Menceritakan cara-cara memelihara lingkungan alam dan buatan disekitar rumah
 Menjelaskan akibat tidak memelihara Lingkungan alam dan buatan disekitar rumah v


v

v Menjaga kebersihan merupakan bagian dari ajaran dan penanaman Nilai Islam
1.3 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah  Menyebutkan macam-macam peta denah
 Membuat peta lokasi wisata dekat rumah sekolah
 Menyebutkan arah mata angin
 Menggunakan denah sekolah untuk mencari suatu obyek / tempat di lingkungan sekolah
 Memberi contoh pemanfaatan denah dalam kehidupan sehari-hari
 Membuat denah sekolah

v



v v



v
v


v
1.4 Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa  Menyebutkan contoh-contoh kerja sama dilingkungan rumah, sekolah, desa/kelurahan
 Menyebutkan contoh manfaat kerja sama di lingkungan desa/-kelurahan
 Menyebutkan man-faat kerja sama di lingkungan desa/-kelurahan v




v


v Kerja sama dan Musawarah nerupakan ajaran Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar