RPP KELAS 3 MI YA BAKII
KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3
KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud
Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester :
3 /1
Tema : Benda di Sekitarku
(Tema 3)
Sub Tema : Aneka Benda di Sekitarku
(Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di
Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.
2. Dengan mengamati benda, siswa dapat
mengklasifikasikan benda dan non benda sesuai dengan teks bacaan dengan tepat.
3. Dengan membaca tentang sifat fisik benda, siswa
dapat mengelompokkan benda sesuai dengan sifat fisiknya.
4. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menuliskan
pokok informasi dengan tepat.
5. Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat
menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku
dengan tepat.
6. Dengan memerhatikan pengarahan guru, siswa dapat
mengukur panjang benda dengan satuan panjang baku yang sering digunakan.
7. Dengan menirukan tepukan guru, siswa dapat
mengidentifkasi bentuk pola irama sederhana.
8. Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa
dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Membaca ·
Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa. ·
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
dari wacana yang dipakai. Ayo Mengamati ·
Setelah membaca siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa
yaitu, memilih mana yang benda dan mana yang bukan benda berdasarkan wacana
yang telah dibaca (tentang cahaya dan suara). (Critical Thinking and Problem
Solving) ·
Memeriksa hasil pekerjaan siswa bersama-sama. ·
Siswa memerhatikan kembali Buku Siswa tentang pembagian
benda berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk. Setelah itu menyimak pengarahan
guru tentang sifat benda. Sifat fisik
benda adalah segala sesuatu yang dapat mendeskripsikan atau mencirikan benda
tersebut dan dapat diamati oleh indra manusia. Segala sesuatu yang bisa
dilihat, diraba, dan dirasa (jika perlu). Benda dapat diidentifikasi sifat
fisiknya melalui bentuk, ukuran, kekerasan, warna, kekuatan, dan sebagainya. ·
Kegiatan selanjutnya siswa mengamati benda-benda
sekitar dan mengelompokkan benda tersebut berdasarkan sifat fisiknya. ·
Siswa dapat mengelompokkan berdasarkan warna, ukuran,
bentuk atau lainnya. Misalkan, untuk warna, siswa mengelompokkan benda yang
berwarna putih, atau berdasarkan bentuk, mengelompokkan jadi satu benda yang
bentuknya persegi. ·
Siswa menuliskan pengelompokkan tersebut di Buku Siswa.
(Mandiri) · Perwakilan kelompok
mempresentasikan pengelompokan benda tersebut. Ayo Berlatih ·
Setelah perwakilan siswa mempresentasikan pengelompokkannya
setiap siswa diminta untuk mengisi peta konsep yang telah disediakan. ·
Perwakilan siswa diminta untuk menjelaskan peta konsep
yang telah di buat ke depan kelas. (Creativity and Innovation) ·
Guru memberikan masukannya untuk presentasi yang telah
dilakukan oleh siswa. Ayo Mengamati ·
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa memerhatikan panjang
benda yang diambil, dan mengurutkan benda mulai dari yang paling pendek ke
benda yang paling panjang (alternatif kegiatan bisa juga siswa diminta untuk berbaris
berdasarkan tinggi badan mulai dari yang paling pendek ke yang paling
tinggi). ·
Siswa diminta untuk mengobservasi mana yang paling
tinggi dan paling pendek. ·
Sampaikan bagaimana kita dapat mengukur benda?
Perkenalkan siswa alat ukur yang biasa digunakan dalam keseharian. (Sangat
dianjurkan untuk guru memperlihatkan secara langsung beragam alat ukur, mulai
dari penggaris, meteran kain, meteral rol, ataupun meteran saku). ·
Ajak siswa memerhatikan satuan yang tertera pada alat
ukur. ·
Siswa diperkenalkan dengan satuan yang biasa digunakan
untuk mengukur sehari-hari, seperti m, cm, km. ·
Ajak siswa untuk
menyebutkan satuan panjang yang mereka ketahui. Tuliskan di kolom yng
tersedia di Buku Siswa.(Mandiri)(Critical Thinking and Problem
Formulation) Satuan dalam panjang Ayo Berlatih ·
Guru menunjukkan cara pengukuran dengan menggunakan
penggaris sederhana. Siswa diminta untuk mempraktikkan cara pengukuran
sederhana dengan menggunakan penggaris. Pastikan siswa menempatkan titik nol
di ujung benda yang akan diukur. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa mengerjakan latihan di Buku Siswa. (Mandiri) Ayo Mencoba ·
Kegiatan dilanjutkan dengan bermain tebak-tebakan
benda. Misalnya: Sejenis alat musik,Terbuat dari logam,Bentuknya segitiga,Digunakan
dengan cara diketuk, Benda apakah itu? (jawab: Triangle) ·
Guru menjelaskan bahwa banyak benda yang digunakan
untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak
ragamnya. Salah satu contohnya adalah alat musik ritmis. Alat musik ritmis
adalah alat musik yang tidak bernada yang dapat menghasilkan irama lagu. ·
Guru dapat mengenalkan alat musik ritmis daerah bila
ada. Akan lebih baik jika ditunjukkan juga contoh alat musik daerahnya. ·
Siswa mengamati jenis alat musik ritmis yang ada di
Buku Siswa. (Akan lebih baik, jika guru membawa salah satu contoh alat musik
ritmis). Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan seputar alat musik
ritmis. ·
Sebelum menggunakan alat musik, siswa diajak berlatih
tepukan dengan menggunakan benda-benda di sekitar mereka. ·
Guru memberikan contoh tepukan yang merupakan pola
irama dan mana yang bukan pola irama. (Guru memperlihatkan tepukan yang tidak
berpola dan tepukan yang berpola). Tepukan sangat bervariasi, boleh tepukan
lemah-kuat, ataupun tepukan tangan-tepukan meja ataupun lainya. ·
Siswa diperkenalkan simbol yang digunakan di Buku
Siswa, yaitu simbol: ~ ketukan
kuat/tepuk meja. ~ ketukan lemah/tepuk
tangan. ·
Guru menyampaikan bahwa pukulan bisa divariasikan,
misalkan menggunakan hentakan kaki dan tepuk tangan, menggunakan stik pemukul
dan tepuk tangan, mengetuk di meja dan kursi, dan lain-lain. ·
Siswa memberikan contoh tepukan pola irama, guru
memberikan arahannya. Ayo Berlatih ·
Setelah siswa memahami tentang tepukan pola irama.
Siswa diperkenalkan lagu yang berjudul “Apuse”. ·
Siswa berlatih bersama-sama sesuai dengan guru. Untuk
bait selanjutnya siswa dapat memvariasikan tepukan. ·
Kegiatan alternatif guru dapat membentuk kelompok
kecil, setiap kelompok dapat menggunakan media yang beragam untuk
menghasilkan tepukan. Misalkan, kelompok pertama bertepuk tangan dan mengetuk
meja untuk menghasilkan bunyi. Kelompok kedua memukul kaleng dan galon untuk
menghasilkan bunyi. Siswa diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dalam
menghasilkan bebunyian. ·
Setelah itu mereka berlatih membuat tepukan pola irama
untuk mengiringi lagi Teka-Teki. ·
Setiap kelompok diminta tampil untuk mempertunjukkan
hasilnya. Jika waktu tidak mencukupi, maka penampilan dapat dilakukan di
pembelajaran selanjutnya. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari
ini Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 2. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 3.
Menyanyikan salah satu lagu
daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 4. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
KH MUFROIL,S.Pd.I
NIP. |
Cilacap, Juli 2021 Guru Kelas 2 Rr Syarifah Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
RPP KELAS 3 MI YA BAKII KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema :
Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1
hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari
Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.
2. Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan
bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang
benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.
3. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa
mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah
dengan tepat.
4. Dengan menjawab pertanyaan seputar musyawarah,
siswa dapat menceritakan pengalamannya dalam melakukan musyawarah dengan tepat.
5. Dengan memerhatikan praktik yang dilakukan guru,
siswa mampu mengetahui teknik dalam melempar dan menangkap bola dengan tepat.
6. Dengan berlatih melempar dan menangkap bola,
siswa dapat mempraktikkan langsung melempar dan menangkap bola dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
4. Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 5. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 6. Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati ·
Guru mengajukan pertanyaan bagian pohon mana yang
diambil untuk dijadikan benda-benda tersebut? (Jawab: bagian kayu.) ·
Siswa menyebutkan contoh benda-benda di sekitar yang
terbuat dari kayu. (Mandiri) ·
Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa. ·
Siswa menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa. ·
Diskusikan jawaban pertanyaan tersebut bersama. Ayo Menulis ·
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengulang kembali
proses pembuatan kayu. ·
Perwakilan siswa dapat memberikan contoh penjelasan tentang
proses pembuatan perlengkapan dari kayu, mulai dari penebangan pohon sampai
diolah di pabrik dengan kalimat sendiri. ·
Siswa menuliskan urutan proses pembuatan benda-benda
dari kayu di selembar kertas. Guru berkeliling untuk memeriksa ketepatan
urutan yang dibuat olehsiswa. ·
Setelah itu siswa menggambarkan urutan pembuatan benda
dari kayu di Buku Siswa dan melengkapi dengan keterangan di bawahnya. ·
Jika waktu memungkinkan siswa dapat menambahkan warna
agar lebih indah. (Creativity and Innovation) Ayo Mengamati ·
Kegiatan selanjutnya siswa memerhatikan benda-benda di
sekitar kelas. ·
Siswa mencari benda-benda yang terbuat dari kayu. ·
Siswa mencari tahu kegunaan benda tersebut. ·
Siswa menuliskan nama benda serta kegunaan benda
tersebut di Buku Siswa. Setelah selesai, setiap siswa diberikan kesempatan
untuk mengemukakan satu contoh benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya.
Siswa giliran selanjutnya harus memberikan contoh benda yang tidak sama
dengan teman sebelumnya.(Creativity and Innovation) Ayo Berdiskusi ·
Setelah siswa bercerita, guru mengingatkan kembali
proses pengolahan kayu melalui pertanyaan berikut. ü Bagaimana cara memperoleh
kayu? (Dengan menebang pohon). ü Bagian pohon manakah yang
digunakan untuk membuat benda-benda? (Bagian batang). ü Apa yang dilakukan setelah
penebangan pohon dilakukan? (Pohon didistribusikan ke pabrik, kemudian
dipotong dan dijemur, setelah itu
baru diolah). ·
Siswa membaca wacana yang ada di Buku Siswa terkait apa
yang terjadi di desa Siti. ·
Siswa membentuk kelompok untuk membahas solusi
mengatasi penebangan yang terjadi di desa Siti melalui musyawarah. ·
Tugas kelompok adalah mencari jawaban dari pertanyaan
yang diajukan, yaitu sebagai berikut. ü Apa yang harus dilakukan oleh
masyarakat di desa Siti untuk mengatasi
penebangan liar? ü Apa yang terjadi jika
penebangan liar tidak dihentikan? ü Bagaimana cara mengembalikan
kondisi hutan seperti semula? (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Guru menyampaikan ciri musyawarah yang baik, yaitu
sebagai berikut. ·
Siswa menuliskan hasil musyawarah di kotak yang telah
disediakan. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil musyawarah kelompok. Ayo Bercerita ·
Setelah perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
musyawarah, siswa memberikan pendapatnya bagaimana proses musyawarah yang
dilakukan bersama kelompok. (Apakah berjalan dengan lancar, apakah keputusan
yang diambil sesuai dengan usulan mereka?) ·
Siswa melakukan refleksi kegiatan musyawarah kelompok
dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku paket. ·
Siswa menuliskan pengalamannya melalui proses
musyawarah di tempat yang telah disediakan. Ayo Mencoba ·
Guru memperlihatkan bola (boleh bola kaki/basket/voli)
kepada siswa. ·
Siswa menjawab pertanyaan guru terkait bahan pembuat
bola tersebut (kulit/plastik/kulit sintesis). ·
Siswa memerhatikan wacana yang ada di buku teks. Siswa
diperkenal kan tentang bola yang
terbuat dari kayu. Ada permainan bola kayu, yang mungkin jarang ditemui di
Indonesia. ·
Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang kegiatan
yang akan dilakukan hari ini yaitu kegiatan melempar dan menangkap bola
dengan menggunakan bola yang terbuat dari plastik ataupun kulit sintetis. ·
Kegiatan dilakukan di luar ruangan. Sebelumnya
melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan sembari bermain. ü Siswa dibagi kedalam 3
kelompok, masing-masing kelompok diberikan nama Kelompok Api, Air, dan Kayu. ü Kelompok membuat barisan
masing-masing. Guru memberikan aba-aba kepada siswanya. ü Ketika guru memberi aba-aba
“Api”, maka kelompok Kayu harus berlari menghindar kejaran kelompok Api,
sedangkan kelompok Air tetap diam di
tempat. (Jelaskan, hal ini karena jika kayu terkena api, maka kayu
akanterbakar habis) ü Setiap kelompok yang mengejar
harus berusaha untuk menangkap anggota kelompok yang dikejarnya. Jika tertangkap
maka siswa tersebut harus pindah dan menjadi anggota dari kelompok yang
menangkapnya. ü Ketika guru memberi aba-aba
“Air”, maka Kayu diam di tempat dan kelompok Air mengejar kelompok Api.
Kelompok Kayu diam di tempat (kembali ke barisan). (Jelaskan, hal ini karena
jika api terkena air, maka api akan mati) ü Ketika gurumu menyebutkan
“Kayu”, maka Kayu yang akan mengejar Air, kelompok Api tetap diam di tempat.
(Jelaskan, hal ini karena sifat kayu yang dapat menyerap air) ü Kelompok yang paling banyak
mendapatkan tangkapan itulah pemenangnya. ·
Kegiatan selanjutnya adalah berlatih teknik dasar
melempar di kombinasikan dengan menangkap. Perhatikan dasar teknik melempar
dan menangkap bola di bawah ini! Gerakan Dasar Melempar Bola Gerakan Dasar Menangkap Bola ·
Siswa berlatih untuk melempar dan menangkap bola secara
berpasangan. ·
Gerakan melempar dapat dikombinasikan dengan gerakan
lempar bawah maupun muka. ·
Selesai berlatih, kegiatan dapat ditutup dengan
melakukan permainan bola tangan ataupun bermain lainnya. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
5. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 6. Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan 7. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 8.
Menyanyikan salah satu lagu
daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 9. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
D.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala MI Ya BAKII KURIPAN KIDUL KH MUFROIL,S.Pd.I
NIP. |
Cilacap, September 2022 Guru Kelas 3 Rr Syarifah Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
RPP KELAS 3 MI YA BAKII KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema : Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
C.
TUJUAN
7. Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat
dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks
dengan tepat.
8. Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa
dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan
tepat.
9. Dengan kegiatan berdiskusi dalam kelompok, siswa
dapat memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan dengan terstruktur.
10. Dengan mencari arti kata dari kosakata yang
diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.
11. Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan
pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.
12. Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi
satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.
13. Dengan melakukan praktik pengukuran tinggi badan
teman, siswa dapat melakukan pengukuran dengan satuan yang tepat.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
7. Melakukan
Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 8. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 9. Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Ayo Mengamati ·
Siswa diberi kesempatan untuk memberikan contoh-contoh
benda yang terbuat dari kertas ·
Siswa membaca wacana di Buku Siswa yang berjudul Kertas
di Sekitar Kita. ·
Siswa diberi kesempatan memberikan pertanyaan jika ada
hal yang tidak dipahami kepada guru. ·
Siswa diminta untuk menandai kata-kata yang kurang
dipahami pada wacana tersebut. ·
Siswa diminta untuk mengamati benda-benda di sekitar
mereka dan mendata benda-benda di sekitar mereka yang terbuat dari kertas. Ayo Berdiskusi ·
Kegiatan dilanjutkan dengan guru mengarahkan siswa
untuk menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa tentang bagaimana cara
menghemat kertas? ·
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara
pembuatan kertas memerlukan banyak kayu, sehingga penebangan terus menerus
dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kertas di dunia. ·
Siswa berdiskusi dalam kelompok tentang upaya menghemat
kertas. Setiap siswa harus memberikan pendapatnya masing-masing. ·
Setelah itu siswa menuliskan hasil diskusi pada kotak
yang telah disediakan di Buku Siswa. ·
Siswa diingatkan untuk memerhatikan penulisan huruf
besar dan tanda baca. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Mencoba ·
Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya tentang materi benda terbuat dari kertas. ·
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang muncul, mengajak
siswa lain memberikan pendapatnya. ·
Siswa menuliskan kata-kata yang baru dikenalnya di Buku
Siswa. (Mandiri) ·
Siswa mencari arti dari kata-kata tersebut, dapat
mencarinya melalui kamus. ·
Setelah itu siswa membuat kalimat dengan menggunakan
kata tersebut (Creativity and Innovation) Ayo Bernyanyi ·
Setelah itu kegiatan beralih kepada kegiatan bermusik.
Bersama-sama menyanyikan lagu Teka-Teki. ·
Setelah itu siswa mengingat kembali, alat musik apa
yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu, khususnya alat musik ritmis. ·
Siswa membentuk kelompok (kelompok yang sama dengan
pembelajaran sebelumnya). Dalam kelompok siswa berlatih untuk mengiringi lagu
Teka-Teki dengan tepukan mengikuti pola irama lagu. Setiap kelompok
menggunakan media yang sama dengan pertemuan sebelumnya. ·
Setelah diberi kesempatan latihan, setiap kelompok maju
ke depan kelas untuk mempraktikkan mengiringi lagu dengan alat musik
ritmis/tepukan sesuai pola irama lagu. ·
Setelah itu semua siswa bernyanyi bersama lagu
teka-teki dengan diiringi tepukan pola irama lagu. (Creativity and Innovation) Ayo Berdiskusi ·
Selanjutnya, siswa diminta untuk mengamati pohon di
sekeliling sekolah. Sampaikah apakah siswa mengenali jenis pohon yang
ditampilkan di buku? Apakah siswa pernah melihat pohon tersebut sebelumnya? ·
Sampaikan informasi bahwa pohon-pohon tersebut adalah
pohon yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan kertas, yaitu Pohon
Pinus, Akasia, dan Pohon Jati. Berdasarkan gambar, pohon manakah yang paling
tinggi? Bagaimana mengukur tinggi batang batang pohon tersebut? ·
Siswa mengemukakan beberapa alternarif jawabannya. ·
Siswa memerhatikan alat ukur yang ada di Buku Siswa.
Memilih mana yang paling tepat untuk mengukur batang pohon. ·
Siswa mengerjakan tugas di Buku Siswa, tentang alat
ukur apa yang paling cocok untuk mengukur benda yang dimaksud. (Critical Thinking and Problem
Formulation) Ayo Mencoba ·
Setelah menyelesaikan tugas memilih alat ukur yang
cocok, siswa diminta untuk berkelompok, satu kelompok terdiri dari 5 siswa. ·
Siswa diminta untuk mengukur tinggi badan dari setiap
anggota kelompoknya, siswa dalam kelompok harus berkesempatan untuk mengukur
tinggi badan temannya. ·
Hasil dari pengukuran dituliskan pada kolom yang
tersedia. ·
Setelah selesai pengukuran, siswa mengurutkan ukuran
tinggi badan mulai dari yang paling tinggi sampai yang paling rendah. |
|
Kegiatan Penutup |
10. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 11. Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan 12. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 13. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 14. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
E.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala MI Ya BAKII KURIPAN KIDUL KH MUFROIL,S.Pd.I
NIP. |
Cilacap, September 2022 Guru Kelas 3 Rr Syarifah Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
RPP KELAS 3 MI YA BAKII KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema : Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
E.
TUJUAN
14. Dengan membaca wacana, siswa dapat
mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari
plastik dengan benar.
15. Dengan berdiskusi, siswa dapat memahami istilah
yang terkait dengan materi pembentuk benda dengan tepat.
16. Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan
sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan
dengan tepat.
17. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa dapat
terampil mengutarakan idenya tentang penanggulangan masalah sampah di sekolah
dengan percaya diri.
18. Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di
kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
10.Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 11.Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 12.Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Membaca ·
Siswa membaca wacana berjudul Plastik, Solusi dan
Masalah. ·
Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang
terkait dengan wacana. (Creativity and Innovation) ·
Sebagai pengayaan guru dapat menginformasikan tentang
kebijakan pemerintah tentang penggunaan kantong belanja plastik. Ayo Berdiskusi ·
Setelah itu siswa berdiskusi secara berkelompok tentang
aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle
(mendaur ulang). ·
Siswa menuliskan apa saja yang merupakan contoh dari
aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur
ulang). ·
Setelah menuliskan contoh, siswa menyebutkannya di
depan kelas. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Mengamati ·
Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di luar kelas, siswa
mengamati bagai mana kondisi sampah
plastik yang dihasilkan sehari-hari di sekolah. ·
Pengamatannya mulai dari kelas, antarkelas, dan
lingkungan sekolah secara keseluruhan. ·
Siswa dapat membuat catatan dari hasil pengamatannya. (Mandiri, Creativity and Innovation) Ayo Menulis ·
Setelah melakukan pengamatan, siswa berdiskusi tentang
hasil pengamatannya. ·
Siswa melaporkan secara lisan, apa yang mereka amati,
mengapa hal tersebut terjadi. Guru menggali dengan memberikan pertanyaan
kepada siswa. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Setelah berdiskusi siswa menuliskan hasil pengamatannya
di Buku Siswa. ·
Guru mengingatkan untuk menuliskan huruf besar dan
tanda baca yang tepat. Ayo Berdiskusi ·
Setelah siswa menuliskan hasil pengamatan mereka,
kegiatan dilanjutkan dengan bermusyawarah. ·
Tema musyawarah adalah tindakan apa yang harus
dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di sekolah. ·
Siswa diminta untuk mencatat pendapat teman-temannya. ·
Guru mengingatkan siswa untuk aktif dan percaya diri
dalam menyampaikan pendapatnya. ·
Setelah itu siswa melakukan refleksi dari kegiatan
musyawarah tersebut dengan menjawab pertanyaan di Buku Siswa. ·
Pada akhir kegiatan siswa menuliskan hasil keputusan di
atas lembaran kertas karton besar sebagai pengingat hasil keputusan bersama
dan ditempelkan di kelas. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berlatih ·
Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan di luar ruangan. ·
Siswa membuat barisan berbentuk lingkaran. ·
Guru menunjukkan pola plastik, siswa diminta untuk
mengidentifikasi plastik terbuat dari bahan apa? (jawab Plastik) ·
Apa keuntungan dibuat dari plastik? Bagaimana jika
bahan pembentuk bola diganti dengan kayu? Atau besi? (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Setelah itu siswa diingatkan cara menangkap dan
melempar bola. ·
Kegiatan diawali dengan pemanasan. Siswa melakukan pemanasan
sebagai berikut: ·
Setelah melakukan pemanasan siswa kembali mempraktikkan
cara melempar dan menangkap bola, guru melakukan observasi untuk penilaian. ·
Setelah penilaian, kegiatan diakhiri dengan melakukan
permainan bola tangan. Aturan permainan bola tangan adalah sebagai berikut: ü Siswa dibagi ke dalam dua
kelompok. ü Setiap pemain memasukkan bola
ke gawang lawan. Bola harus dioperkan pada teman satu tim, setiap pemain
harus mengoperkan bola setelah melangkah paling banyak lima langkah. ü Kelompok yang bisa memasukkan
bola ke gawang lawan paling banyak, itulah pemenangnya. ·
Guru harus mengarahkan siswa agar bersikap sportif pada
permainan. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
·
Siswa mapu mengemukan hasil
belajar hari ini ·
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan ·
Siswa diberikan
kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. ·
Menyanyikan salah satu lagu
daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. ·
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
F.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala MI Ya BAKII KURIPAN KIDUL KH MUFROIL,S.Pd.I
NIP. |
Cilacap, September 2022 Guru Kelas 3 Rr Syarifah Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
RPP KELAS 3 MI YA BAKII KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema : Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
G. TUJUAN
1. Dengan membaca wacana, siswa dapat
mengindentifikasi informasi dengan tepat
2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat
mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet
dengan tepat.
3. Dengan melengkapi tabel, siswa dapat menyusun
informasi tentang benda-benda yang terbuat dari materi bahan kaca, logam, dan
karet dengan tepat.
4. Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat
menceritakan pengalamannya melakukan musyawarah
5. Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa
dapat mengenal konvensi satuan berat.
6. Dengan melakukan pengukuran, siswa dapat
mempraktikkan pengukuran dengan tepat.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
13.Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 14.Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 15.Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Membaca ·
Setelah memberikan teka-teki, siswa diberikan
kesempatan untuk membaca wacana di Buku Siswa. ·
Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan dari wacana
tersebut. Ayo Mengamati ·
Setelah itu siswa mengamati benda-benda yang ada di
sekitar mereka, dan mencatat nama benda tersebut, beserta bahan pembentuknya. ·
Siswa diminta untuk mencari benda yang mewakili bahan
pembentuknya yaitu kaca, besi, dan karet. ·
Siswa melaporkan hasil pengamatannya dan membandingkan
dengan temannya. ·
Guru memberi apresiasi untuk siswa yang menemukan
banyak contoh benda. Ayo Mencoba ·
Kegiatan dilanjutkan dengan siswa mengisi bagan yang
tersedia di Buku Siswa. ·
Siswa menunjukkan hasil pekerjaannya kepada guru. Ayo Berdiskusi ·
Siswa memerhatikan tempat sampah yang ada di kelas ·
Bersama guru siswa berdiskusi tentang bahan pembentuk
tempat sampah. Mengapa tempat sampah harus terbuat dari plastik. Apakah ada
bahan lain yang cocok dari tempat sampah? ·
Siswa mengamati, apakah jumlah tempat sampah di
lingkungan kelas sudah mencukupi? Berikan alasannya. ·
Setelah itu siswa melakukan musyawarah tentang
bagaimana cara meningkatkan kebersihan sekolah. ·
Siswa dapat membentuk kelompok kecil untuk
memusyawarahkan hal tersebut. ·
Siswa menuliskan hasil musyawarah di Buku Siswa dan
menjawab pertanyaan yang diberikan. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Mencoba ·
Guru memberikan tebakan benda apa yang digunakan untuk
mengukur yang terbuat dari plastik, kayu, dan bahkan aluminium (lebih baik
jika guru memberikan contohnya langsung di depan kelas, agar siswa dapat
melihat perbedaan karakteristik bahan pembentuk penggaris tersebut). ·
Siswa mengidentifikasi apa perbedaan penggaris yang
terbuat dari plastik (lebih lentur, dapat mudah patah), kayu (kokoh, namun
dapat patah juga), aluminium (lebih tahan lama, kaku, dan tidak gampang
patah). ·
Siswa menjawab pertanyaan guru, mengapa kaca tidak
digunakan sebagaibahan dasar pembuat penggaris? ·
Setelah itu siswa mengamati satuan yang ada di
penggaris. Arahkan siswa untuk menemukan satuan panjang yang ada di penggaris
dan bagaimana hubungan antara satuan. (Guru dapat mengajukan pertanyaan, apa
satuan yang ada di penggaris, tunjukkan penggaris yang mempunyai panjang 1
meter, bagaimana hubungan antara satuan m dan cm). ·
Siswa diberi kesempatan untuk menemukan hubungan antara
satuan m dan cm. ·
Perwakilan siswa dapat maju ke depan kelas untuk
membuktikan hubungan antar satuan panjang tersebut. ·
Setelah membuktikan, guru kembali mengulang bahwa
satuan panjang tidak hanya m dan cm, ada beragam satuan panjang. Yang akan
fokus diajarkan hari ini adalah m dan cm. ·
Guru memberikan contoh soal seperti yang ada di buku
paket, bagaimana soal konversi dari m ke cm. ·
Setelah itu guru memberikan contoh soal, siswa
menyelesaikan soal konversi tersebut, guru mendampingi siswa dan memberikan
arahan jika ada yang masih keliru ·
Siswa menyelesaikan soal di Buku Siswa. (Mandiri) ·
Selesai mengerjakan, hasil pekerjaan dikoreksi
bersama-sama. Ayo Berlatih ·
Setelah mengoreksi pekerjaan, siswa diminta untuk
memerhatikan gambar yang ada di Buku Siswa. ·
Siswa memerhatikan panduan melakukan aktivitas di Buku
Siswa. ·
Siswa diminta untuk menebak terlebih dahulu prediksi
panjang dan tinggi objek yang dimaksud. Setelah itu melakukan pengukuran
dengan menggunakan penggaris. ·
Siswa menyelesaikan prediksi terlebih dahulu setelah
itu baru melakukan pengukuran. ·
Siswa membandingkan hasil estimasinya dan hasil
pengukuran. Guru memerhatikan apakah ada yang hasil estimasinya sesuai dengan
pengukuran ataukah jauh dari sebenarnya. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
15. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 16. Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan 17. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 18. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 19. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
G.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala MI Ya BAKII KURIPAN KIDUL KH MUFROIL,S.Pd.I
NIP. |
Cilacap, September 2022 Guru Kelas 3 Rr Syarifah Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
RPP KELAS 3 MI YA BAKII KURIPAN KIDUL
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
(Sesuai Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019)
Kelas / Semester : 3 /1
Tema :
Benda di Sekitarku (Tema 3)
Sub Tema : Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN, Matematika
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
I. TUJUAN
1.
Dengan
melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang
lain dengan tepat.
2.
Dengan
menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan
pengalamannya bermusyawarah secara tertulis dengan rinci.
3.
Dengan
melakukan penelitian terhadap bahan terbaik untuk benda, siswa dapat
menggunakan kata/istilah pembentuk benda dengan tepat.
4.
Dengan
menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi
terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.
5.
Dengan
berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan
satuan m ke cm dengan tepat.
J. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
16.Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 17.Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan
Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman
peserta didik (Apersepsi) 18.Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Berdiskusi ·
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa. ·
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. ·
Kegiatan diawali dengan tanya jawab terhadap aneka
bahan pembentuk benda yang telah dipelajari. ·
Siswa diingatkan kembali tentang apa saja bahan
pembentuk benda disertai dengan contohnya. ·
Siswa menyimak penjelasan guru, tentang kegiatan hari
ini, yaitu menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu. ·
Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 2-3 siswa. ·
Kelompok tersebut menentukan benda apa yang akan
diselidiki oleh masing-masing kelompok. ·
Setelah menentukan keputusan, siswa diminta untuk
menuliskan hasil keputusan musyawarah pada kotak yang disediakan. ·
Siswa menuliskan pengalaman bermusyawarah pada lembar
yang telah disediakan. ·
Setelah selesai menuliskan, siswa mendapat kesempatan
untuk menceritakan secara lisan pengalamannya melaksanakan musyawarah. (Creativity
and Innovation) Ayo Mencoba ·
Setelah menentukan benda yang akan diselidiki, siswa
berdiskusi tentang bahan yang tepat untuk membuat benda. ·
Selidikilah bahan terbaik dan pilihlah alternatif bahan
lainnya. ·
Diskusikan tentang kelebihan dan kekurangan dari bahan
tersebut. ·
Tuliskanlah seperti contoh yang diberikan di Buku
Siswa. (Mandiri) Ayo Menulis ·
Setelah itu siswa memilih satu benda yang akan mereka
jelaskan dalam bentuk tertulis. ·
Siswa harus menjelaskan tentang ciri benda, fungsi,
bahan yang baik untuk membuat benda tersebut, kelebihan dan kekurangan
menggunakan bahan tersebut sebagai bahan dasar pembentuk. ·
Siswa menuliskannya pada kotak yang telah disediakan. (Creativity and Innovation) Ayo Mencoba ·
Setelah anak-anak menyelesaikan tugas menulisnya, siswa
diminta untuk mengamati meteran gulung yang ada di Buku Siswa. ·
Jika memungkinkan lebih baik jika guru memperlihatkan
bentuk meteran panjang ini. ·
Siswa menjawab pertanyaan di manakah mereka sering
melihat meteran tersebut? ·
Siswa menyelesaikan konversi ukuran m ke cm,
dilanjutkan dengan menyelesaikan soal cerita. (Soal latihan ini akan dinilai
oleh guru) (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
20. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 21. Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan 22. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 23. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 24. Salam dan do’a penutup di
pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
H.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Kepala MI Ya BAKII KURIPAN
KIDUL KH MUFROIL,S.Pd.I NIP. |
Cilacap, September 2022 Guru Kelas 3 Rr Syarifah
Haniáh,S.Pd.I NIP. 197909122005012002 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar